Langsung ke konten utama

Studi Kasus 4 - Elisitasi Kebutuhan (D)

 

STUDI KASUS 4 : ELISITASI KEBUTUHAN. 

MENTA merupakan sebuah aplikasi berbasis web yang bertujuan untuk  memberikan pelayanan dalam hal Kesehatan mental berupa konseling online.  Selain konseling online, aplikasi ini juga dapat membantu dengan menyuguhkan  artikel dan bacaan yang berhubungan dengan Kesehatan mental dan atau  penyembuhannya. Hal tersebut akan sangat membantu proses perawatan dan  penyembuhan gangguan mental lebih mudah untuk digapai semua masyarakat. 

Pihak-pihak yang terlibat dalam aplikasi ini adalah terapis (psikolog), dan  pasien. Terapis dan pasien dapat bergabung dengan cara melakukan registrasi  secara online pada system. Sistem ini dibuat sebagai dukunhan terhadap penderita  Kesehatan mental maupun masyarakat awam untuk bisa mengambil Tindakan yang  preventif dan represif. 

ABOUT ELISITASI KEBUTUHAN 

Elisitasi kebutuhan adalah sekumpulan aktivitas yang ditujukan untuk menemukan kebutuhan suatu sistem melalui komunikasi dengan pelanggan, pengguna sistem dan pihak lain yang memiliki kepentingan dalam pengembangan sistem. Dalam menemukan kebutuhan suatu sistem dapat melalui wawancara, workshops, kelompok fokus, observasi melalui kuisioner, observasi secara langsung, analisis dokumen yang telah dibuat dan mekanisme lainnya. 



Proses elisitasi ini menentukan keberhasilan dari perangkat lunak, dimana jika terdapat kesalahan dalam pendefinisian kebutuhan maka akan berakibat pada kegagalan sistem. Pada proses ini peran dari para pemangku kepentingan sangat dibutuhkan untuk membantu tim pengembang perangkat lunak menentukan seperti apa sistem yang akan dibangun. Oleh karena itu, terdapat beberapa langkah yang harus dilakukan agar berjalan dengan baik. Langkah-langkah tersebut antara lain: 
  1. Melakukan pengidentifikasian terhadap stakeholder 
  2. Mengidentifikasi Kebutuhan Penggguna 
  3. Mengidentifikasi Kebutuhan Fungsional, non-fungsional dan sistem 

METODE YANG DIGUNAKAN 

Terdapat banyak metode yang dapat digunakan dalam melakukan elisitasi kebutuhan. Salah satunya adalah interview, metode ini sangatlah sangat banyak ditemukan karena untuk menerapkannya sangatlah mudah. Oleh karena itu, pada sistem ini saya menggunakan metode interview dan observasi. Sebelum melakukan hal tersebut tentunya saya telah mempersiapkan beberapa list pertanyaan yang akan saya gunakan, yakni: 
  1. Bagaimana alur dari awal pendaftaran sampai konseling yang biasa dilakukan di klinik psikolog?
  2. Berkas apa saja yang dibutuhkan pada saat proses registrasi pasien?
  3. Apakah ada batasan-batasan tertentu terhadap pasien ketika hendak mendaftar konseling?
  4. Bagaimana proses pembayaran konseling dilakukan?
  5. Apakah sudah pernah mendengar tentang online counseling?
  6. Pernahkah anda melakukan online counseling?
  7. (Apabila pernah) Kendala apa yang anda alami ketika melakukan online counseling?
  8. Menurut anda,  fitur apakah yang akan sangat membantu dalam pelaksanaan online counseling?

MENGIDENTIFIKASI STAKEHOLDER

Tidak hanya melakukan metode interview tentunya saya juga melakukan metode berupa observasi. Hal ini juga berhubungan dengan mengidentifikasi stakeholder. Berikut adalah beberapa stakeholder yaitu: 
A.    Admin
     Admin bertanggung jawab untuk mengelola sistem secara menyeluruh, yaitu mulai dari mem-validasi registrasi terapis, pembayaran hingga mengunggah artikel dan melihat daftar pasien dan terapis. Seorang Admin juga harus mampu mengelola database dan tentunya memiliki pengetahuan tentang program aplikasi. 
B.  Terapis 
    Terapis bertanggung jawab melakukan pemberian konseling dan mengubah jadwal konseling. Hak akses yang dimiliki seorang terapis ialah akses ke jadwal konseling dan akses ke chatroom. Tidak hanya itu, seorang terapis juga harus memiliki pengalaman dan keahlian khusus pada bidang psikologi. 
C.   Pasien 
        Pasien merupakan seseorang yang melakukan konseling dan dapat melihat jadwal terapis. Hak akses yang dimiliki oleh seorang pasien sama dengan hak akses yang dimiliki oleh seorang terapis. 

D.   Team Pengembang 
        Team Pengembang juga merupakan stakeholder yang akan digunakan pada sistem ini, tim pengembang yaitu antara lain: 
      • Project Manager 
      • Front End Developer 
      • Back End Developer 
      • System Analyst 
      • Business Analyst 
      • Quality Assurance 
      • UI UX Designer dan Writer

MENGIDENTIFIKASI TUJUAN ATAU GOALS

Berdasarkan hasil interview yang telah dilakukan, tim pengembang dapat mengambil keputusan hasil atau tujuan atau goals yang ingin didapatkan. Goals tersebut yaitu untuk memudahkan seseorang yang terkena gangguan mental untuk mencurahkan isi hatinya kepada seseorang yang berpengalaman. 

MENGIDENTIFIKASI KEBUTUHAN 

Kebutuhan Fungsional 
  1. Pasien dapat membuat Akun Pasien 
  2. Pasien dapat melihat Jadwal Terapis 
  3. Pasien dapat mengakses Artikel 
  4. Pasien dapat melakukan Konseling 
  5. Pasien dapat melakukan Pembayaran 
  6. Terapis dapat membuat Akun Terapis 
  7. Pasien dapat mengisi Jadwal Konseling 
  8. Terapis dapat mengubah Jadwal Konseling 
  9. Terapis dapat memvalidasi Akun Terapis 
  10. Admin dapat memverifikasi Pembayara 
  11. Admin dapat mengunggah Artikel 
  12. Admin dapat mengakses Data Pasien 
  13. Admin dapat mengakses Data Terapis
Kebutuhan Non-Fungsional
  • Operasional
    • Sistem harus terintegrasi dengan sistem informasi sebelumnya
    • Sistem harus dapat diakses dari browser manapun. 
    • Sistem mewajibkan user untuk melakukan login terlebih dahulu sebelum dapat mengakses penuh sistem. 
    • Sistem harus dapat diakses dari device manapun. 
  • Performance
    • Halaman website dapat diakses 24x7 jam tanpa perlu adanya admin yang menjalankan. 
  • Keamanan
    • Sistem harus terlindung dari virus dan bahaya lainnya.
    • Data pasien hanya dapat diakses oleh administrator. 
  • Cultural
    • Sistem menggunakan Bahasa Indonesia. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Studi Kasus 1 - Rekayasa Kebutuhan (D)

STUDI KASUS 1 : APLIKASI PARKIR NON TUNAI Pada studi kasus ini kita diminta untuk menjawab beberapa pertanyaan yang sudah disampaikan ketika kelas. Pertanyaan tersebut dimulai dari deskripsi dari aplikasi parkir non tunai itu sendiri, Identifikasi User dan Stakeholder, Kebutuhan hingga Aspek Pendukung bagi Aplikasi itu sendiri.  DESKRIPSI APLIKASI PARKIR NON TUNAI  Perkembangan teknologi sangat memengaruhi pada semua aspek yang ada pada dunia ini. Salah satunya pada bidang layanan transportasi yaitu pada bidang perparkiran. Perkembangan tersebut dapat dilihat dari mulainya parkiran yang menerapakan sistem cashless atau sistem pembayaran yang memakai tanpa uang tunai dan mengacu pada pembayaran yang berbentuk digital. Hal tersebut juga berjalan beriringan dengan meningkatnya kasus COVID-19 yang mengharuskan interaksi langsung dengan orang lain haruslah dikurangi. Maka, muncullah sebuah aplikasi yang menggunakan penerapan otomasi untuk proses bisnis sebagai implementasi dari Int...

Studi Kasus 3 - Rekayasa Kebutuhan (D)

  STUDI KASUS 3 : ANALISIS TEKNOLOGI MCAS PADA DOCUMENTARY DOWNFALL : A CASE AGAINST BOEING.  Perkembangan teknologi dan industri saat ini membawa pengaruh yang cukup besar bagi kehidupan manusia terutama dalam dunia usaha zaman sekarang ini. Sesuai dengan kondisi saat ini pula semakin banyaknya usaha besar maupun usaha kecil berdampak pada persaingan yang ketat antar perusahaan baik sejenis maupun tidak. Salah satu bidang yang cukup banyak berkembang di Indonesia, yaitu pada bidang Transportasi. Hal ini dapat dilihat dalam sejarah transportasi di Indonesia. Zaman dahulu orang melakukan kegiatan perpindahan dari satu tempat ketempat lain hanya mengandalkan dengan jalan kaki, menggunakan hewan dan kendaraan sederhana guna membantu  mengangkut barang. Setelah berabad-abad adanya perkembangan teknologi pada semua bidang sangatlah berpengaruh pada bidang Transportasi ini. Hal ini juga beriringan dengan penemuan yang cukup besar yang ditemukan oleh Wright Bersaudara pada tahun...

Studi Kasus 2 - Rekayasa Kebutuhan (D)

STUDI KASUS 2 : ANALISIS SKPL  EXISTING SYSTEM INFORMATION Berdasarkan kondisi dan perkembangan teknologi pada zaman sekarang, banyak manusia yang sudah tidak asing lagi untuk menggunakan teknologi dalam melakukan pembelian yang dilakukan secara  online.  Tidak hanya itu, efek yang dirasakan oleh pada warga khususnya Indonesia yang merasakan kesulitan dalam secara ekonomi dikarenakan kondisi saat ini. Salah satunya adalah Cokies Dessert, sebuah usaha UMKM milik seorang mahasiswa jurusan Agribisnis Universitas Brawijaya yang membuka usaha di tengah kondisi COVID-19 saat ini. Oleh karena itu, terbentuklah sebuah sistem yang akan membantu pemilik untuk dapat memperluas usaha tersebut yang akan digunakan untuk mempermudah pelanggan dalam melakukan pembelian kue-kue kering tersebut. Selain itu juga dapat digunakan untuk mempermudah dalam pengaturan stok produk ataupun pemantauan transaksi pembelian. Sistem tersebut bernama SICODE atau Sistem Informasi Penjualan Cokies Dessert...